Lust or Love

“Eden, when you kissed me, is that for your lust or love?” Chase asked once.
“Both of them, I guess…” and then Eden kissed his back of shoulder again.

Saya pernah menemukan dialog semacam ini di novel cinta Harlequin, dimana si laki-laki bertanya pada kekasihnya tentang cinta, nafsu atau kadang keduanya.

Kemudian saya jadi bertanya-tanya apa perbedaan dua hal ini.
Nafsu tidak lain adalah keinginan, kecenderungan, atau dorongan hati yg kuat; selera atau gairah; keinginan. sedangkan cinta adalah suka sekali; sayang benar; kasih
sekali; terpikat (antara laki-laki dan perempuan); ingin sekali; berharap sekali; rindu. (menurut KBBI)

Kemudian saya teringat pada film “Spring, Summer, Fall, Winter… and Spring” nya Kim-Ki Duk. Ada dialog seperti ini, “Lust awakens the desire to possess and then awakens the intent to murder”

Saya berkesimpulan bahwa ada cinta yang tidak memiliki nafsu di dalamnya, mungkin ini jenis cinta Ibu pada anaknya. murni kasih sayang, tanpa ada dorongan untuk memiliki, tak ada gairah. hanya ada keinginan untuk melindungi, mencukupkan, dan membahagiakan. dan cinta jenis ini tidak akan habis.

Lain halnya jika kita mencintai kekasih atau pacar kita. selain timbul rasa sayang, rasa yang lain kemudian muncul; possesif, cemburu, pengharapan di luar batas dan rindu. Sedangkan nafsu sudah ada sejak kalian mengikrar untuk saling memiliki- sebab itu tadi, “Lust awakens the desire to possess…” atau mungkin telah muncul bahkan sebelum itu.

Lust and love, bisa disatukan dalam satu konteks. Dua hal ini juga kemudian sangat berbeda dalam konteks lain.

Hanya saja, menurut saya, saat dua hal ini menyatu dalam satu hubungan laki-laki dan perempuan (apalagi yang belum, istilahnya, halal), jangan sampai nafsu menutupi rasa cinta. jangan sampai kadar nafsu mendominasi satu hubungan percintaan. Saat cinta meminta pembuktian untuk dipenuhinya nafsu, itu bukan lagi, menurut saya, cinta. Walaupun pasti sangaaat sulit menahan godaan bahkan gairah, logika kanlah semua itu.

We said, “I love you” not “I lust you”, right?

Sunshine
🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s