KUKILA

Saya tidak banyak membaca cerpen karya M. Aan Mansyur, sebab yang saya tahu dia seorang penyair. Novel pertama karyanya yang saya baca dan membuat saya jatuh cinta, berjudul Perempuan, Rumah Kenangan (2007). Selanjutnya, karya tulisannya paling banyak memang puisi dan cerpen.

Kukila adalah salah satu kumpulan cerpennya yang baru saja diluncurkan awal Oktober 2012 di Makassar. Tak ada yang tahu apa arti Kukila hingga kita membeli dan membaca ceritanya. Tapi disini saya akan memberitahu kalian; Kukila berarti burung. Untuk tahu bagaimana kisah perempuan, pohon dan burung yang tergambar di sampulnya yang indah, kalian tentu harus membacanya sendiri.

Saat saya berhasil memeluk Kukila dari Gramedia Mall Metropolitan, Bekasi, saya sungguh senang. Waktu itu sudah sore, saya dan Laeny sudah tak ada liputan untuk digarap. Seharian itu, kami militan berdua muterin Bekasi. Capek, tapi senyum saya tetap ada pas Kukila di tangan. Sayangnya, saya baru selesai membacanya dua minggu kemudian. Works consume almost my 24 hours.

Postingan ini mungkin hanya semacam pesan dan kesan, yang mungkin sudah banyak direview banyak orang. Joko Pinurbo menulis 4 baris di sampul belakang.

Saya menemukan sisi penulis berbeda dari biasanya. Jika kalian sudah begitu mengenal gaya tulisan J.K.Rowling, dan suatu hari kesan saat membaca Harry Potter tidak lagi kalian rasakan, ada dua kemungkinan yang terjadi. Pertama, JKR yang berubah atau pembaca yang berubah.

Kukila diselipi begitu banyak kisah-kisah yang penuh kejutan, yang kemungkinan juga mengejutkan penulisnya sendiri. Saya menikmati kisah demi kisah tak ada yang luput. M. Aan Mansyur tidak bermain di ranah pengetahuan umum seperti penulis lain. Dia berimajinasi dan khayalnya sungguh penuh dengan kehidupan dan cinta. Permainan katanya tak usah diragukan lagi.

Favoritku adalah Sehari Setelah Istrinya Dimakamkan. Apa favorit kalian?

Sunshine

Leave a Reply

