Atambua 39 Derajat (2012)

Atambua 39 Derajat.

Ilham sudah mau berangkat lagi ke Singapore hari Kamis, jadi saya sama Rahma mengiyakan ajakan nontonnya hari Rabu kemarin. Kita bertiga nonton di Metropole, kawasan Cikini, Jakarta Pusat.

Film ini disutradarai oleh Riri Riza, produksi Miles Film. Setting cerita di Atambua, kota perbatasan antara Timor Leste dengan Indonesia. Tidak ada kesan sedang menonton film Indonesia. Saya seperti menonton film-film asing lain, yang agak absurd, yang dihidupkan dengan gambar-gambar memukau dari pemilihan shoot yang apik. Bahasanya bukan Indonesia, tapi memakai bahasa daerah Atambua. Jadi, resmilah, saya seperti menonton film asing.

Joau hidup dengan ayahnya, Ronaldo. Baginya tumbuh besar adalah dengan mendengarkan suara ibunya melalui kaset rekaman yang selalu diputarnya melalui tape recorder tiap pagi. Ayahnya pemabuk, kerja sampingannya menjadi sopir bus, yang kemudian dipecat karena banyak penumpang yang komplain. Hidup Joau tidak berwarna dan datar saja, hingga dia bertemu dengan seorang perempuan yang membuat hidupnya tiba-tiba berubah. Dia jatuh cinta.

Mungkin memang sutradara film berniat membuat film ini menjadi film semi dokumenter, sebab dilihat dari colouringnya seperti itu. Tapi, saya tidak terganggu dengan itu. Saya malah semakin impress- terkesan. Ada berapa film fiksi yang sekaligus semi dokumenter, yang mengupas budaya Timor, seperti yang dilakukan film ini?

Well, Ilham pernah buat satu tentang budaya Kajang di Sulawesi Selatan, tapi itu kan tetap saja, dokumenter.

Tapi Atambua 39 Derajat, berbeda.

Saya malah senang menontonnya. Filmnya jujur, gambarnya indah, atmosfirnya lengkap, cuma sayang sekali, tidak didukung dengan jajaran akting pemain yang baik.

Film statementnya juga menurut saya, luarbiasa.

Saya jadi heran apa yang dicari para muda mudi yang mengantri Breaking Dawn Part 2 alih-alih menonton film Indonesia layaknya Atambua 39 Derajat atau Jakarta Hati.

Well, have a nice watching!

Sunshine

Leave a Reply

