Kota Ini

Dear Mama,

Aku sedang dalam perjalanan pulang ke Jatiwaringin dari Grogol. Kau pasti belum tahu itu sejauh apa. Itu kira-kira sejauh Pantai Losari ke Pangkep, kurang lebih.

Ma, apa kau tahu tadi kantor menyuruhku kemana? Ke tempat penjagalan babi di Kapuk, Jakarta Barat. Merebaknya isu bakso yang makin meresahkan membuat kantor merasa perlu untuk melakukan pantauan kesana, jadi dikirimlah aku kesana, sebagai utusan yang paling dekat dari lokasi.

Kau tahu aku sekarang di utara. Ke lokasi yang tidak pernah aku lihat sebelumnya itu, memerlukan waktu dua setengah jam. Dengan bekal tanya sana sini dan ditipu ojek sana sini, akhirnya sampailah aku di tempat itu. Dan tahukah kau betapa aku harus menahan untuk tidak marah saat manajernya bilang aku harus membawa surat izin dulu agar bisa wawancara, Ma? Kejam betul orang disana.

Tempat pemotongan babi itu, bau limbahnya menyengat sekali, Ma. Aku melihat babi di kandangnya, dan langsung menjauh. Saat aku mau pulang, aku merogoh kantongku dan sadar uangku tinggal 7ribu. Untung saja, metro mini cuma 2 ribu. Sebelum uang benar-benar habis, aku sudah tersesat di Roxy dan mendapat atm. Ah, ongkos pulang aman.

Ma, yang kurasa berat dari pekerjaan ini sungguh bukan saat menulis. Aku rasanya tidak perlu pusing dan memeras otak untuk itu. Perjalanannya lah yang melelahkan. Tapi aku juga tidak keberatan, sebab aku suka jalan-jalan ketimbang duduk di kantor dari pagi sampai malam dan satu-satunya hiburan hanyalah Twitter. Bagian terberatnya juga adalah menyikapi narasumber yang tidak kooperatif dengan wartawan.

Ma, mestinya bangsa yang besar adalah bangsa yang juga menghargai jasa wartawannya.

Hehe, doakan aku selalu ya, Mama sayang.

Sunshine

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s