Masak

Dear Mama,

Malam ini, sehabis pulang membeli persediaan makanan untuk seminggu ke depan, saya akhirnya masak nasi sendiri. Dan walaupun tiga perempat dari beras yang kutanak hangus, well, saya makan nasi yang putih itu, hampir meneteskan air mata.

Ma, dua minggu ini saya sudah tinggal sendirian. Mandiri. Dan saat belanja di supermarket tadi, saya diserang ingatan Tucson. Belanja untuk kebutuhan diri sendiri, dari beras, sayur, buah-buahan, memakai uangku sendiri. Rasanya saya telah menjadi pribadi seutuhnya, Mama.

Oleh karena itu, saya harus belajar mandiri. Bukan karena ini tahun yang baru, tapi karena saya merasa inilah saatnya.

Ma, tak usah memikirkan apa kata orang. Saya baik-baik saja disini. Kau tahu kan, saya akan mengatakannya jika saya memang kesusahan. Saya berjanji padamu.

Sunshine

Leave a Reply

