Flood

Dear Ma,

Jakarta dikepung banjir. Sontak, semua media televisi, cetak, online dan radio punya headline yang sama. Banjir di Jakarta. Tiba-tiba ibukota ini layaknya wilayah perang dan bencana besar. Lumpuh. Semua warga yang rumahnya tidak terendam memilih mendekam di rumahnya. Warga yang tinggal di bantaran kali, muara atau danau terpaksa harus merelakan rumah dan harta bendanya dibabat air bah yang tingginya bisa mencapai empat meter. Ma, bisakah kau bayangkan anakmu menjadi saksi peristiwa besar ini?

Tadi dan kemarin, saya mengurus Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara. Satu-satunya wilayah yang masih terendam disaat daerah Jakarta lain sudah kering. Rendaman air ini diperkirakan karena air pasang (rob), mengingat di sekitar Pluit ini adalah muara dan kali yang meluap.
And it was really frustrated and exhausted.

Saking lelahnya, aku menangis tertahan dalam perjalanan pulang di dalam busway.

Ma, begitu banyak hal yang kupikirkan dan semuanya melesak sakit di dadaku. Sakit yang kutahan sejak entah kapan kemudian berubah jadi airmata dan tangis. Tentu tak ada penumpang yang melihatku menangis, tak ada yang mendengar isak. Aku lelah, dan seorang bapak tua ketiduran, kepalanya sering sekali condong ke arahku, membuatku makin kesal.

Kupikir, sepi lah yang akan membunuhku, Ma. Kadang aku ingin kembali ke Jatiwaringin. Tapi, aku belum sebulan disini. Mungkin aku hanya perlu bersabar dan tabah. Lihat saja apa sebenarnya rencana Tuhan.

Ma, aku rindu padamu. Aku rindu rumah. Aku rindu Bapak. Aku rindu semua saudara-saudaraku, adik-adikku. Rasanya aku mau terbang dan ijin cuti sakit even it’s just for 3 days.

2 weeks later I am 24 years old! Haa, I am getting older, Maaa!

I hope when my contract’s over, I have found someone to live forever with. Seorang laki-laki yang menerimaku apa adanya. Seseorang yang sayangnya sama dengan sayangmu padaku, Ma.

Sunshine

Leave a Reply

