In Done Sia

Indonesia. My country.

Saat itu, saya sedang berada di Pasar Ikan Muara Angke, Jakarta Utara bersama Mas Riki, fotografer majalah Rep. Saat mata dan pikiranku benar-benar melihat keseluruhan tempat itu, kesadaran itu kemudian menamparku keras.

Indonesia, negeriku ini, begitu kaya.

Ada lebih ratusan jenis ikan laut tertampung dalam tangki-tangki dan mangkuk-mangkuk super besar. Ikan itu tentu produk laut bukan barang impor. Jumlahnya seharusnya mencapai ratusan ton. Dan ikan-ikan itu diambil bebas dari laut. Dari lautan Indonesia.

Perairan Indonesia lebih luas dibanding daratan. Perbandingannya 3:1. Itu berarti, kita dari produk laut dan perairan, kaya raya. Fakta ini mestinya membuat satu realisasi bahwa takkan ada lagi masyarakat yang kekurangan protein hewani. Semua warga bisa tumbuh sehat dan kuat.

Kekayaan Indonesia begitu luarbiasa. Tanah-tanah di Kalimantan yang penuh dengan hasil tambang dan kelapa sawit, Papua dengan emasnya. Tanahnya yang luarbiasa subur.

Korupsi merajalela, makin menjadi-jadi, tapi tingkat ekonomi makro dan mikro terus meningkat. Semakin dikeruk, tak juga habis.

SBY saat berpidato di Pelabuhan Tanjung Priok pada peresmian pembangunan NewPriok, sebuah pelabuhan berskala internasional mengatakan, suatu kali, salah satu pejabat negara di Eropa ingin sekali meminta satu poin saja untuk menggambarkan pertumbuhan ekonomi negaranya. SBY berbangga pertumbuhan ekonomi Indonesia meningkat. Hasil kerja anak bangsa, di bidang usaha kecil dan menengah lah yang memegang peran penting dalam meningkatkan laju perekonomian bangsa. SBY yang malah bangga. Sedangkan anak Menko Perekonomian, setelah menabrak mobil di tol karena lalai dan berakibat tewasnya dua jiwa, hanya dihukum enam bulan penjara.

Ochank bilang, Tuhan akan terus bersama orang-orang yang bersabar dan bekerja keras.

Sunshine
obrolan tengah malam, tak usah dibahas panjang. 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s