Mean Source

You know, I just hate those narasumbers yang meremehkan reporter. As if they don’t need us to be existed.

Tadi pas wawancara salah satu narsum via telepon, soal penyembelihan hewan halal, dia malah bilang gini.

‘Kan ada itu fatwanya. Kamu udah baca belum?’
‘Belum, Pak. Makanya saya tanya. Fatwa yang mana ya Pak?’.
‘Kamu itu kan wartawan. Mestinya kamu itu cari tahu dulu, blablabla’.
‘Tapi saya butuh statement, Pak. Apa Bapak bisa kasih saya penjelasan sedikit aja?’
‘Gini deh, kamu cari tahu dulu. Nanti telepon saya lagi’.
‘Oh, baik Pak. Nanti saya telepon lagi’.

Lalu, saya googling lah fatwa soal penyembelihan hewan halal.

Saya telepon lagi.

‘saya dapat fatwa nomer sekian, Pak. Apa benar fatwa itu yang dimaksud?’
‘Iya benar’.
‘Jadi yang gak boleh metode penyembelihannya apa aja, Pak?’
‘Ya diluar fatwa itu’.
‘Trus Pak kalau soal yang ini?’
Jaringan mulai bermasalah. Saya ulang pertanyaannya. Dua kali, tiga kali. Last thing I remembered he said:
‘Kamu itu baru belajar jadi wartawan ya?’ nada menyindir.
Telepon ditutup.

Lalu saya kirim sms.
‘Maaf ya Pak, saya memang baru belajar. Maaf juga ya Pak, teleponnya putus-putus, mungkin jaringannya lagi trouble. Jadi saya tulis fatwa itu sebagai statement Bapak aja ya. Saya masih ada yang mau ditanyakan. Kalau Bapak masih sibuk, apa boleh saya telepon sejam lagi?’

SENT.

Dia balas, ‘okay. Rapat dulu ya’.

And guess? I didn’t call him back. my pride is too precious and too high. Sorry to say. Jadinya saya cuma kutip beberapa pernyataan dia yang secuprit itu dan telepon narasumber lain yang lebih bisa menghargai pertanyaan saya lebih dari jawaban-jawaban dia tadi.

Dia gak ngerti apa kalau reporter itu kerjaannya memang bertanya. Dan kita itu tidak wajib tau segala-galanya. Kita cuma wajib cari tau. Dan walaupun kita tau, dan kita tau dari buku atau internet, kita tetap butuh statement.

sunshine
the fail reporter

Leave a Reply

