Surprise

Surprise!

Selama hidup aku tak pernah membayangkan bahwa suatu hari akan menginjak Amerika atau China. Suatu siang di akhir tahun 2009, telepon soal kelulusanku di program beasiswa itu datang. Aku luarbiasa terkejut. Aku tak pernah menyangka. Dulu, kupikir luar negeri itu hanya untuk orang yang kaya raya atau super pintar. Aku bukan keduanya.

Aku ingat saat masih SMA, aku pernah iseng mengirim permohonan aplikasi ke Kanada di program perjalanan English First. Waktu itu, salah satu teman SMP ku berada di London melalui program itu. Aku juga ingin sekali pergi kesana. Aku lalu mengontak pihak EF. Mereka lalu menelepon dan bertanya tujuan program apa yang aku inginkan. Aku ingat aku menjawab, ‘apa saja yang bisa ke Kanada’. Aku tak tahu kenapa Kanada yang muncul, bukan London.

Orang yang bicara di telepon itu berkata akan mengirimiku brosur soal informasi yang perlu aku ketahui. Dua hari kemudian brosurnya datang. Aku bahagia sekali meski cuma brosur. Mama yang melihatnya bingung. Saat aku menjelaskan padanya bahwa aku ingin ke Kanada, ia bertanya darimana uangnya. Aku diam dan sadar bahwa Mama benar. Riana, darimana uangnya?

Sejak saat itu aku tak pernah lagi membayangkan akan memiliki kesempatan melihat dunia atau negara lain. Aku bahkan tak pernah kemana-mana. Aku hanya tahu rumah sekolah, rumah sekolah. Aku bahkan tak pernah naik pesawat. Aku tak tahu Jakarta itu seperti apa atau bagaimana kita bisa sampai ke Jogjakarta. Aku tak pandai bergaul. Aku tak tahu aku bisa apa, bahkan aku tak tahu apa yang ingin aku lakukan dalam hidupku. Berbeda sekali dengan teman-temanku yang lain.

Aku suka belajar bahasa inggris. Suka sekali. Aku juga suka membaca buku. Mama sering mendapatiku sedang membaca di kamar dan dia tak begitu suka aku menghabiskan waktu membaca di kamar dan tidak membantunya di dapur.

Sejak aku senang membaca, imajinasiku berkembang. Aku jadi suka menulis. Aku menulis banyak cerita. Kebanyakan cerita fantasi. Tapi tulisanku sering mandek dan tak selesai. Kemudian, aku jadi mahasiswa.

Kemudian, hidupku berubah. Bisa dibilang, I was transformed. Butuh waktu bertahun-tahun memang. Tapi aku yang dulu sangat menutup diri, perlahan-lahan mulai terbuka. Aku bergaul, aku ikut beraneka macam biro di himpunan. Aku berkawan, bersahabat dan merasakan disukai oleh lelaki untuk pertama kalinya. Aku merasa hidup.

Aku bahkan bekerja paruh waktu. Sesuatu yang mewah untuk seorang mahasiswa. Aku bisa walaupun sekali dua kali, membayar uang kuliahku sendiri.

Pada 2010 aku ke Tucson, Arizona, US selama dua bulan. Pengalaman pertama ke luar negeri yang tak terlupa. Aku menginjak Narita Airport, Jepang. Aku singgah di Los Angeles Airport selama delapan jam. Bukan main ajaibnya. Tapi aku tak pernah merasa hebat. Aku tetap saja merasa biasa di dalam diriku.

Di 2011 aku lulus kuliah dan 2012 aku mendapat pekerjaan. Aku yang dulu tak pernah kemana-mana, malah berada jauh dari rumah. Aku berani hidup sendirian dengan mandiri. Aku yang dulu tak pernah naik pesawat, sekarang malah menganggap airport rumah keduaku.

Kesempatan ke China datang di 2013. Pengalaman kedua yang masih saja penuh berkah dan keajaiban. Tapi, aku tetap merasa biasa, tak tahu apa-apa, merasa bodoh dan merasa sedikit beruntung. Aku tak pernah berani mimpi bisa kesana, bahkan rencana pun tak ada.

Hidup itu penuh kejutan. Kejutan karena kita tak merencanakannya. Kejutan karena datang di waktu yang tak disangka-sangka. Aku ingin dan yakin jodohku pun nantinya begitu. Disaat aku siap, disaat waktunya tepat, Allah pasti menunjukkan jalan padaku. Now, I just want to be the best version of myself, praying dan selebihnya biarkan Dia bekerja.

Sunshine,
karena hari ini indah

Leave a Reply

