Janji Temu

Aku selalu berpikir dan mencari akal bagaimana caranya agar aku dan kawan-kawan lain bisa dengan entengnya menegakkan shalat lima waktu. Sesungguhnya shalat itu hanya dilaksanakan oleh orang-orang yang sabar dan ikhlas. Orang-orang yang cinta mati Penciptanya. Dan sungguh, jujur kukatakan, hal ini belum bisa kulaksanakan penuh. Padahal usiaku sudah begini tua. Maafkan hamba-Mu ya Allah.

Lalu, perumpamaan itu muncul. Janji temu. Bagaimana jika kita menganggap setiap shalat itu adalah sebuah janji temu dengan Sang Pencipta?

Bukan menyamakan Allah SWT dengan manusia. Tapi ini hanya perumpaan. Pada kenyataannya yang bisa membuat kita rajin beribadah, sesungguhnya hanya kita seorang.

See, bayangkan kita punya janji dengan seseorang yang sangat penting. Siapa misalnya, teman atau, Boss atau Menteri atau Presiden. Kalian punya janji bertemu dengannya sehari lima kali. Waktunya jelas. Sebelum matahari terbit, saat matahari tegak tinggi, saat matahari agak mulai turun, saat matahari meluncur hilang dan saat malam.

Tempat, dimana saja yang bersih dan suci dan kita bertemu dengan melakukan beberapa ritual semisal ruku, sujud dan sebagainya.

Pakaian, tentu saja bersih suci dan rapi. Sebagaimana kita ingin bertemu orang penting.

Lalu, bertemulah kau dan orang penting tadi. Kalian bisa membicarakan apa saja. Kau yang memegang kontrol ingin bertemu berapa lama dan ingin membahas apa.

Namun sayang sekali, sebagian kita masih sering mendahulukan bertemu orang penting dibanding Yang Maha Mencipta.

Aku ingin menekankan soal usaha kita bertemu orang, apa samakah usaha kita dengan bertemu Tuhan?

Kita menelepon dan kontak dengan manusia, apakah intensitasnya sama dengan waktu kita mengontak-Nya?

Ah, aku ingin sekali bisa menegakkan pertemuanku dengan-Nya. Dia sudah memberiku banyak sekali sedangkan aku memberi-Nya sedikit sekali. Dialah yang sesungguhnya Maha Cinta, karena Dia terus menerus MEMBERI. Ingatkan postinganku bahwa kita tak bisa mencintai tanpa memberi?

Sunshine

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s