Make a Decision Have Never Been This Hard

Life is about making a decision and be responsible to it.

Hidup hanyalah menjalani keputusan-keputusan yang telah kita buat. Proses itulah yang menciptakan karakter, pribadi, mimpi-mimpi, semuanya dalam diri kita. Ada yang hanya menjalani hidup kemana arus membawanya. Ada juga yang memikirkan begitu keras pilihan-pilihan hidupnya ke depan. Karena pilihan yang kita putuskan berpengaruh sangat besar pada seperti apa hidup yang akan kita jalani nantinya.

Kita yang putuskan. Kita yang jalani. Kita yang rasakan, bukan orang lain. Hidupku adalah hidupku, akhiratku. Hidupmu adalah buatmu sendiri begitupun dengan mereka.

Keputusan merantau salah satunya, adalah keputusan besar yang saya buat selama saya hidup. Sampai sekarang saya masih bertanya-tanya, apa yang kau lakukan disini Ri?

Keputusan menerima tawaran sebagai jurnalis pun, adalah keputusan besar yang berdampak pada hidupku sekarang.

Keputusan untuk memutuskan hubungan dengan Brainwave dalam satu percakapan di telepon, dalam satu pertengkaran yang sepele, persis setahun yang lalu.

Keputusan untuk menerima tawaran Kemenpora untuk menjadi salah satu peserta Asean China Youth Camp, couple months ago.

Ada yang saya putuskan hanya sepersekian detik. Ada yang saya putuskan hanya dalam beberapa menit. Ada yang saya putuskan berhari-hari. Ada yang kemudian saya sesali kemudian, namun karena terlalu ego untuk menariknya kembali, saya kemudian menguat-nguatkan diri untuk menjalaninya.

And I am strong enough to hold on.

Now, I have this decision to make. and make a decision have never been this hard. Kenapa? Karena ini masalah serius dan berhubungan dengan masa depanku.

Masa depan selalu membuat saya khawatir.

Seolah-olah saya tidak punya pegangan. Padahal ada Allah SWT yang selalu ada.

Saya khawatir saya belum berusaha keras. Saya khawatir dengan banyak hal.

Karena keputusan ini bukan hanya berpengaruh padaku, tapi juga pada orang-orang yang saya kasihi.

Satu keputusan ini. Saya mau berani ambil keputusan dan say aharus mampu bertanggung jawab. Sesulit apapun. I know you can do it, Ri. Insha Allah

Meskipun saya paham bahwa takkan ada pekerjaan yang sempurna. At least, seperti yang selalu saya bilang. Kalau kita rugi waktu, setidaknya jangan rugi uang. Jangan sampai rugi dua-duanya.

Sunshine

Leave a Reply

