Conversation with Mom

See? Ternyata saya kalah pinter dari Mama. Saya kalah pengalaman. Saya belum tau apapun soal hidup seperti Mama dan merasa sok hebat.

Mama memang kadang annoying dan menyebalkan karena semua hal yang dikatakannya benar. Semua hal. Meskipun begitu, saya merasa beruntung dan terharu punya ibu seperti Mama.

Malam ini, Mama ternyata berusaha menghubungiku. Tapi karena Bebi tidak saya tengok selama hampir tujuh jam, saya tak tahu. Setelah tau, baru saya menelpon beliau.

Ya, Mama punya masalah keuangan. Hal yang biasa menjelang kesibukan pernikahan. Dan ini pernikahan anak pertamanya. Jadi, memang cukup ribet.

Siapa sangka ternyata menikah itu butuh banyak banget biaya?

Yap, setelah sesi curhat Mama kelar, giliran saya mengeluarkan semua apa yang saya rasa beberapa pekan ini. Saya lelah, capek, bla bla bla, sudah muak di kantor, dan sebagainya. Semua saya cerita ke Mama. Mau resign dan segala macam.

Akhirnya Mama ngasih nasehat supaya tenang-tenang menghadapi semua masalah. Tenang maksudnya yaa, gak usah ngebet kerja juga. Kalau fisik dan hati mampu, dikerjain. Kalau enggak bisa, ya gak usah. Mama bahkan bilang, kalau kantor kamu mau pecat kamu ya udah, biarin. Mau diapa lagi?

Saya ketawa. Solusinya Mama ternyata sama dengan pikiranku.

Tapi Mama bilang, selain itu saya harus kuat ibadah juga. Aaaah, saya mau banget bisa kerja tenang di kantor, yang mendukung suasana ibadah. Jadi gak cuma kejar dunia, tapi bisa kejar akhirat juga.

Kalau jadi reporter perkotaan, gak bisa sholat lima waktu. Bahkan kadang reporter lebih ngejar deadline berita dibanding deadline waktu sholat. 😦

Mama bilang, semakin kamu kejar dunia, dunia semakin jauh. Kalau kamu kejar akhirat, akhirat dan dunia mendekat.

Jadi, rasanya lega banget bisa had this conversation tonight with Mom. Mama bilang jaga kesehatan. Dia cuma pesan itu (selain tentunya pengen dibantu masalah keuangan, hehe). Saya juga mikir disini gak punya siapa-siapa kalau saya kenapa-kenapa. Jadi memang kalau saya gak kuat kerja, saya gak mau maksain lagi. Saya bukan Wonder Woman ya. Dan kerjaan ini juga bukan satu-satunya.

Ya Allah, tunjukkan jalan yang paling baik, please.
Mudahkanlah urusan nikahan kakakkku.
amin

Sunshine

Leave a Reply

