Stop

Jadi ayat pertama surat Al Alaq, “Iqra” berarti bacalah. Rasulullah kesulitan menyebut saat Malaikat Jibril memintanya. Saat menulis ini, saya baru menyadari bahwa “bacalah” itu tak hanya bermakna kemampuan baca tulis.

Tapi bagaimana kita bisa “membaca” kehendak Allah yang telah ditetapkan pada kita. Bagaimana kita bisa memahami dan menerimanya, ikhlas dan berpasrah diri.

Sekarang, saya mulai belajar untuk membaca apa yang direncanakan Allah padaku. Pekerjaan yang sulit, butuh pemikiran yang makan waktu. Begitu banyak ambisi, keinginan, mimpi dan semangat menyala-nyala dalam diriku. Kemudian Tuhan memberikan cobaan ini.

Ada banyak skenario yang mungkin. Satu yang bisa saya pahami adalah Dia memintaku untuk berhenti sejenak. Entah untuk apa. Mungkin untuk lebih bersyukur, untuk membantu keluargaku di rumah, banyak tujuannya. Hanya Dia yang tahu.

Sesungguhnya sabar dan pasrah ikhlas itu suliiiit sekali Tuhan. Tapi saya mau coba, coba, karena ini proses yang harus saya lewati. Semoga setelah ini saya bisa jadi hamba yang lebih baik. Hanya Engkau yang tahu. Hanya Engkau yang berkuasa atas segala sesuatu.

Show me the way, please.

Sunshine

Leave a Reply

