Job Interview

Setelah lulus kuliah sampai sekarang, saya sudah berulang kali menghadapi interview kerja. Sudah puluhan lebih perusahaan, puluhan pertanyaan, beragam posisi.

Saya sudah hafal jenis pertanyaan yang akan muncul. Yang selalu saya khawatirkan adalah bagaimana cara menjawabnya dengan diplomatis dan percaya diri.

Satu hal inti dari interview adalah apa kita bisa meyakinkan pihak perusahaan bahwa kita adalah kandidat yang pantas mereka hire. That’s it.

Saya paling tidak suka pertanyaan “mengapa” karena saya pun kadang tidak tahu bagaimana mau menjawabnya. Mengapa mau melamar sebagai posisi ini? Mengapa resign dari pekerjaan sebelumnya?  Mengapa tidak memilih profesi yang sesuai jurusan Anda? Dan sejuta mengapa lain.

The problem is jawaban kita adalah cerminan dari karakter dan pribadi kita. Jadi kita harus terus berhati-hati mengeluarkan kata per kata karena semuanya akan dinilai.

Dan belakangan ini, interview yang saya hadapi benar-benar out of my expectation. Mungkin karena saya baru resign dan baru lagi menghadapi pertanyaan-pertanyaan itu.

Sunshine

Leave a Reply

