Rencana Tuhan

Belakangan, di dua bulan pernikahan kami, saya sering flashback ke masa lalu. Saya merenungi dan berusaha menghubung-hubungkan satu peristiwa dengan peristiwa lainnya. Biasanya renunganku akan berujung pada bagaimana saya dan suami akhirnya bersama-sama. Dan betapa jalan tersebut adalah salah satu hal yang paling saya syukuri.

Tentu saja itu bukan kebetulan. Jodoh ada di tangan Tuhan. Betapa jauhnya garam dan asam berasal, akhirnya mereka toh bertemu juga di panci dapur kita. Betapa besarnya usaha kita untuk bersama seseorang, jika mereka bukan jodohmu, pasti ada saja jalan agar kalian tidak bersama, begitu pula sebaliknya.

Suamiku, Lam, adalah orang yang baik. Saya sering sekali terharu dengan perhatian kecil dan kasih sayangnya. Saya tahu dia mencintai saya segenap jiwa. Saya tahu saya mencintainya segenap raga. Saya merasa Tuhan mencintai saya sebab Dia menakdirkan saya menjadi istri Lam.

Keputusan kami menikah bukan perkara mudah dan cepat. Kami terpisah jarak dan enam tahun itu bukan waktu yang kau habiskan begitu saja tanpa ada orang lain singgah di hidupmu, bukan?

Tapi Lam yakin, meskipun segalanya, suatu saat, saya akan bersama dia.

Saya senang sekali menatap lekat wajah Lam saat dia tidur di sampingku. Bernapas, mendengkur atau kadang mengigau. Kadang dia gelisah, kupeluk dia sampai tenang. Kusapu rambutnya. Kucium pipinya. Kupastikan agar dia nyaman. Hingga dia tertidur.

Betapa dia adalah suami yang bertanggung jawab dan pengertian adalah anugerah yang sangat kusyukuri. Dia mengutamakan kebahagiaanku, kecukupanku, kebutuhanku. Memang belum bisa dia berikan semua yang kuinginkan, tapi dia selalu berhasil menenangkan hatiku dan hal-hal yang kurang darinya, menguap begitu saja.

Kadang saya merenung kejadian di masa lampau. Mengapa begini, mengapa begitu, mengapa yang ini harus terjadi dulu. Saya belum paham alasannya, jawabannya. Tapi apapun itu, saya percaya, saya yakin. Bahwa apapun itu, adalah rencana Tuhan.

Dan rencana Tuhan adalah yang paling baik.

Ri

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s